Untuk mengunjungi Keraton Kasultanan Yogyakarta ini, anda bisa memesan paket wisata yang ada di halaman custom tour atau sekedar memesan jasa rental mobil dari @LiburanJogja untuk menuju ke lokasi.

Keraton Yogyakarta atau Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat merupakan Istana tempat tinggal Kasultanan Yogyakarta yang terletak jantung kota Yogyakarta. Merapi, Tugu, Keraton dan Pantai Selatan berada dalam satu garis lurus jika dilihat dari satelit.

Keraton Jogja

Sejarah tentang berdirinya Keraton Yogyakarta dimulai saat tahun 1755, tepatnya setelah Perjanjian Giyanti. Sultan Hamengkubuwana I mendirikan Keraton Yogyakarta yang menurut cerita dahulunya adalah bekas sebuah pesanggarahan yang bernama Garjitawati. Wilayah Istana Keraton sendiri dahulunya bangunan utamanya dari Gapura Gladhag di utara sampai di Plengkung Nirboyo yang terletak di Selatan.

Keraton Jogja

Sultan Palace Yogya

Meski wilayah Istana Keraton sudah tidak seluas jaman dahulu, tapi bangunan utama Keraton masih tetap berdiri megah dengan daya tarik magis tersendiri jika kita mengunjunginya.

Sebagian kompleks Keraton kini menjadi museum yang memamerkan berbagai macam koleksi milik Sultan.

Kita dapat melihat koleksi Batik, replika pusaka Keraton, Gamelan, hingga beberapa pemberian dari Raja-raja Eropa. Arsitektur Istana Jawa yang indah dengan balairung-balairung mewah dan lapangan serta paviliun yang luas merupakan kelebihan lain yang dapat kita nikmati ketika berada di Keraton Yogyakarta.

Sultan Palace Yogya

Keraton Yogyakarta buka dari pukul 08:00 – 14:00 setiap harinya kecuali Jumat buka jam 08.00 – 11.00. HTM Keraton adalah Rp 7.500 untuk wisatawan lokal dan Rp 12.500 untuk wisatawan asing.